Begini 10 Tips Cara Jual Beli dan Sewa Rumah Bagi Pemula

Begini 10 Tips Cara Jual Beli dan Sewa Rumah Bagi Pemula

Begini 10 tips cara jual beli dan sewa rumah bagi pemula yang tepat, mulai dari bekerja sama dengan pemilik lahan sampai menentukan strategi pemasaran. Bisnis properti, seperti jual beli tanah, rumah serta apartemen memang terbilang sangat menguntungkan bila dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.

Bahkan pemerintah memberi beragam fasilitas di bidang bisnis properti, yaitu mengeluarkan kebijakan perihal peruntukan kredit yang dapat dijangkau masyarakat sampai subsidi perumahan khusus untuk masyarakat menengah ke bawah.

Tips Jual Beli dan Sewa Rumah Untuk Pemula

Bisnis properti memiliki peluang yang sangat menguntungkan, apalagi terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk jual beli sewa rumah. Walaupun demikian, dalam menjalankan bisnis ini terkadang banyak kendala yang menghampiri. Oleh karena itu, sebelum memulainya, pelajari tips cara jual beli dan sewa rumah bagi pemula berikut:

Mencari Rumah yang Hendak Dijual

Sekarang ini cukup mudah untuk menemukan rumah yang akan dijual. Anda dapat melihat iklan terkait di internet, papan iklan, koran atau berjalan-jalan ke perumahan dan menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan itu.

Melakukan Negoisasi

Ingin menjalankan bisnis jual beli rumah dengan modal yang relatif kecil? Anda harus pintar melakukan negoisasi dalam hal pembayaran.

Bekerja Sama Dengan Pemilik Lahan

Sebagai pemula, Anda bisa memilih bisnis jual beli tanah atau rumah yang pemiliknya dapat diajak kerja sama untuk menjualnya. Menemukan pemilik tanah yang dapat diajak bekerja sama memang susah-susah gampang. Tapi, bila Anda mempunyai sikap yang baik serta bisa dipercaya, mereka akan tertarik dan mempercayakan propertinya untuk dijual atau disewakan. Buatlah perjanjian untuk menambah nilai guna lahan dengan sistem bagi hasil, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal.

Jika ingin membangun rumah kavling, cari dan lakukan survei lahan lebar yang bisa dijadikan perumahan. Anda dapat berbicara dengan orang yang hendak menjual lahannya. Buat negosiasi harga yang sesuai supaya Anda dan pemilik lahan tidak merasa dirugikan. Setelah itu, mintalah bantuan pada arsitektur untuk membuat desain yang tepat bagi perumahan itu. Nantinya, setelah rumah dibangun, tinggal mencari kontraktor atau investor yang ingin menanamkan modalnya untuk pembangunan tersebut.

Menjadi Agen atau Broker Properti

Cara bisnis jual beli rumah yang paling mudah untuk pemula adalah dengan menjadi agen atau broker properti. Selain modal yang dikeluarkan tidak besar, resikonya pun sangat minim. Yang penting, seorang perantara harus jeli melihat peluang dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Anda bisa mengawalinya dengan membuat merek mengenai usaha yang sudah diketahui banyak orang. Gunakan nama yang mudah diingat dan dihafal, kemudian daftarkan secara hukum untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Umumnya, calon pelanggan akan lebih percaya pada jasa yang telah memiliki nama dan reputasi baik. Tapi, untuk mendaftarkan merek usaha, ada sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

Selanjutnya, tinggal mencari lokasi dan menawarkan jasa pada pemilik properti untuk mendapatkan calon pelanggan yang potensial. Jika ada yang ingin menitip untuk dijualkan rumahnya, Anda akan memperoleh komisi dari hasil penjualan tersebut.

Berikutnya, dapatkan informasi mengenai spesifikasi dan kelebihan properti untuk bahan presentasi bila bertemu dengan pelanggan. Perlu diketahui, komisi yang diperoleh seorang agen tergantung dari nilai deal properti tersebut. Biasanya, mereka mendapat komisi 2 juta sampai puluhan juta untuk sekali penjualan.

Memasarkan Properti di Sosial Media

Media online adalah teknik promosi terbaik saat ini. Banyak produk yang telah dipasarkan melalui website dan sosial media, tak terkecuali properti. Sebagai pemula, Anda bisa memanfaatkan Facebook, Twitter atau website sebagai tempat untuk bertemu dengan calon pelanggan. Tapi, pastikan semua informasi yang ditulis memuat kontak Anda, bukan pemilik properti.

Ada berbagai keuntungan yang didapat dari promosi secara online, salah satunya memperluas calon pelanggan. Jadi, walaupun mereka berada di luar kota, pulau, bahkan luar negeri bisa melihat properti yang Anda tawarkan.

Kemas Promosi Penjualan Dengan Menarik

Ketika melakukan promosi, sebaiknya tunjukkan bahwa rumah yang ditawarkan cocok sebagai hunian maupun dijadikan investasi. Terdapat berbagai faktor yang menjadikan rumah tersebut layak sebagai media investasi, salah satunya adalah lokasi yang strategis. Jelaskan pula bahwa properti yang Anda tawarkan memiliki potensi yang menjanjikan di tahun-tahun berikutnya.

Pahami Kondisi Pasar

Anda harus memiliki pemahaman yang baik mengenai harga jual beli dan sewa rumah di pasaran. Pertimbangkan pula biaya renovasi, terutama bagi rumah tertentu yang harus diperbaiki dulu sebelum dijual kembali. Biaya renovasi tersebut bisa ditambahkan ke harga jual, tanpa mengabaikan harga pasaran untuk rumah sejenis. Jangan sampai menjualnya dengan harga yang lebih mahal dari harga pasaran karena bisa membuatnya sulit terjual.

Pahami Aturan atau Hukum di Bisnis Jual Beli Properti

Terdapat aturan atau hukum yang berlaku pada bisnis penjualan properti, terutama mengenai pajak. Apabila Anda belum paham, tidak ada salahnya untuk bertanya pada yang telah berpengalaman. Jangan sampai menjalankan bisnis jual beli properti secara ilegal atau bertentangan dengan hukum dan perpajakan. Bisnis yang demikian tidak akan bertahan lama.

Menggunakan Sistem yang Sederhana

Sebagai permulaan, hindari menggunakan sistem yang rumit karena Anda bisa mengalami kesulitan nantinya. Tidak perlu memiliki karyawan, tapi carilah rekan kerja yang tujuan atau visi dan misinya sama dengan Anda. Bila Anda merencanakan serta mengatur bisnis ini dengan baik, perkembangannya bisa dilihat dalam waktu singkat. Mulailah bisnis penjualan properti dengan sistem yang sederhana, tapi tetap dijalankan secara profesional.

Kreatif dan Inovatif

Dunia properti sangat luas, sehingga jika Anda memilihnya sebagai profesi untuk menyambung usia harus bisa yakin, berusaha keras dan mampu mengembangkan ide-ide terkait menjalankan usaha tanpa modal, tapi bisa meraup banyak keuntungan.

Bisnis properti memang bisa dijalankan tanpa modal dan peluang yang didapat sangat banyak, tapi bila telah berkecimpung di dalamnya, Anda harus pintar-pintar mencari pelangan. Tertarik untuk mencoba? Jangan ragu karena merasa tidak memiliki pengalaman di bidang ini. Sebab, ada ratusan tips jual beli dan sewa rumah untuk pemula.