Mengintip Fakta Bisnis Sewa Rumah dan Kontrakan Di Area Industri

Mengintip Fakta Bisnis Sewa Rumah dan Kontrakan Di Area Industri

Fakta bisnis sewa rumah dan kontrakan di area industri sangatlah menggiurkan. Bisnis sewa rumah dan kontrakan saat ini menjadi salah satu bisnis jangka panjang yang menjanjikan. Terutama di kawasan yang tengah berkembang seperti kawasan industri, permintaan akan rumah yang disewakan dan kontrakan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan kawasan industri yang terus berkembang dan semakin banyak karyawan yang diperkerjakan.

Alhasil semakin banyak juga karyawan baru yang membutuhkan tempat tinggal. Tidak semua pabrik atau perusahaan menyediakan fasilitas tempat tinggal berupa mes bagi karyawannya. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis untuk menyewakan rumah atau kontrakan sebagai tempat tinggal.

Memiliki pendapatan pasif merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Anda tidak perlu bekerja untuk menghasilkan uang, melainkan uang tersebut yang datang sendiri menghampiri. Tentunya untuk sampai pada suatu titik dimana Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif yang menjanjikan bukanlah hal mudah untuk didapatkan.

Ada banyak hal yang harus diperjuangkan. Jika tidak ingin terus-terusan terpenjara dengan penghasilan yang stuck setiap bulannya, Anda harus berani bertindak lebih. Bisnis sewa rumah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan pasif. Mungkin pada awalnya Anda perlu mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk membangun rumah kontrakan. Satu hal yang perlu diingat bahwa bisnis ini long last dan tidak akan pernah ada matinya. Permintaan akan rumah sewa selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Keuntungan bisnis sewa rumah dan kontrakan

Memiliki bisnis sewa rumah dan kos akan memberikan keuntungan dua arah. Keuntungan yang pertama adalah terus melonjaknya harga properti setiap tahunnya menyebabkan semakin bertambahnya nilai aset yang dimiliki. Lalu keuntungan selanjutnya yang didapatkan adalah Anda akan menerima pendapatan rutin sebesar 5% dari nilai jual properti

Pendapatan tersebut tentunya didapatkan dari biaya sewa yang dibayarkan oleh penyewa. Salah satu fakta menarik mengenai fakta bisnis sewa rumah dan kontrakan di area industri adalah harga tanah yang relatif cukup terjangkau dengan permintaan sewa yang semakin tinggi. Karawang merupakan salah satu kota industri yang kini banyak dilirik oleh para investor. Beberapa perusahaan pengembang kenamaan tanah air kini berlomba-lomba komplek hunian di kota ini.

Karawang merupakan merupakan kota kabupaten yang memiliki lokasi cukup strategis. Karawang dilalui oleh jalan Tol trans jawa yaitu Tol Cikopo Palimanan dan Jalan Nasional Pantai Utara (Pantura). Selain itu Karawang juga dilintasi oleh jalur kereta api cepat Jakarta-Bandung. Karena kestrategisan lokasi yang dimiliki karawang dikembangkan menjadi sebuah kota industri terpadu.

Dengan julukan kota industri yang dimilikinya, banyak sekali area industri yang dapat ditemukan terutama di Karawang Barat. Beberapa kawasan industri yang dimaksud diantaranya adalah KIIC (Karawang Internation Industry City), Surya Cipta dan Kawasan Bukit Indah City.

Selain di kawasan industri, bisnis rumah kontrakan juga tetap saja menguntungkan meskipun tidak berada di area yang sama. Hal ini dikarenakan adanya kesenjangan antara jumlah penduduk yang membutuhkan rumah sebagai tempat hunian dengan jumlah rumah yang tersedia.

Data pemerintah pada tahun 2014 ada sekitar 15 juta penduduk indonesia yang membutuhkan tempat tinggal. Merupakan jumlah yang cukup tinggi bukan ? namun sayangnya jumlah yang tinggi ini tidak diimbangi dengan kesiapan pemerintah dan pihak pengembang menyediakan kawasan hunian. Namun demikian, hal ini menjadi sebuah peluang bisnis yang tidak boleh disia-siakan karena bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Tips berinvestasi atau membangun bisnis rumah sewa dan kontrakan

Berikut ini akan diberikan beberapa tips bagi Anda yang tertarik untuk memulai berinvestasi atau membangun bisnis rumah sewa :

1. Memiliki daerah dengan kawasan industri

Salah satu alasan mengapa harus memilih kawasan industri adalah kawasan ini selalu berkembang dari waktu ke waktu. Banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri akan akan membuat terbentuknya pusat perekonomian baru, pemukiman baru dan menambah rantai bisnis dan ekonomi di area tersebut.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah adanya karyawan atau pekerja sebagai penggerak pusat perekonomian tersebut. Tentunya karyawan juga memiliki berbagai kebutuhan seperti kebutuhan rumah tinggal atau hunian. Memulai usaha sewa rumah dan kontrakan di kawasan industri merupakan hal yang cukup menjanjikan.

2. Membandingkan harga tanah

Tanah merupakan salah satu faktor yang menentukan besar kecilnya modal. Oleh karena itu, Anda harus membandingkan harga tanah yang tersedia dan memilih lokasi terstrategis dengan harga terendah.

3. Membandingkan rate

Rate yang dimaksud disini adalah rate harga sewa yang akan dipatok setiap bulannya. Hal ini dapat diketahui saat Anda akan membeli tanah di sebuah area lalu menanyakan kepada warga sekitar atau sang penjual mengenai rate yang berlaku di area tersebut. Tidak harus memilih tanah dengan rate yang tinggi, karena masih banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan. Salah satu hal lain yang juga bisa menjadi pertimbangan adalah prospek di masa depan.

4. Sumber air

Air merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa dikesampingkan dengan baik. Rumah dengan sumber air yang buruk akan membuat harga sewa rumah tersebut menjadi menurun. Sebaliknya rumah dengan sumber air yang baik akan membuat harga sewanya semakin baik. Oleh karena itu, pilihlah area yang memiliki sumber air yang baik dan mudah dijangkau.

Menginvestasikan uang yang dimiliki ke dalam bisnis properti merupakan hal yang sangat menguntungkan. Terlebih mengingat sangat menarik dan menguntungkannya beberapa Fakta bisnis sewa rumah dan kontrakan di area industri.