Menjadi Agen Properti Itu Memerlukan Kesabaran dan Ketekunan

Menjadi Agen Properti Itu Memerlukan Kesabaran dan Ketekunan

Jika ada orang yang mengatakan bahwa bisnis paling menguntungkan adalah di bidang properti, tidaklah salah. Pasalnya, harga properti dari masa ke masa sudah pasti mengalami kenaikan. Dengan kata lain, siapa pun yang berbisnis di bidang ini pasti akan mendapatkan keuntungan.

Semakin lama sebuah properti belum terjual, bukan berarti properti tersebut akan mempunyai harga turun, justru semakin melambung tinggi. Nah, salah satu bisnis yang bisa ditekuni dalam bidang properti ini antara lain sebagai agen.

Agen properti ini bertugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Sebagai agen, tentu dibutuhkan beberapa syarat penting agar dapat membuat penjual maupun pembeli terpuaskan dengan layanan Anda. Dengan begitu, bisnis agen Anda akan semakin maju dan berdampak pada kesuksesan Anda sendiri. Nah, berikut ini beberapa syarat yang harus Anda miliki jika ingin mendirikan bisnis agen properti.

1. Mempunyai Ketekunan dan Keuletan yang Tinggi

Inilah modal utama yang harus dimiliki oleh seorang agen properti. Pada saat terjadi sebuah transaksi jual beli, keuntungan besar memang akan Anda dapatkan. Namun, saat sedang sepi karena memang tidak ada penjual yang menggunakan jasa agen Anda, maka tidak ada pemasukan apa-apa. Nah, pada saat seperti ini, ketekunan dan keuletan yang tinggi perlu Anda miliki.

Jangan ragu untuk melakukan jemput bola, mencari penjual dan pembeli sendiri. Jangan puas dengan hasil dari satu transaksi. Sebab, satu transaksi belum cukup membuat bisnis Anda aman. Teruslah bekerja keras dan jangan mudah putus asa.

2. Mempunyai Kesabaran yang Besar

Seperti kata pepatah Jawa “lemah kui pulung” (tanah itu jodoh). Meskipun sudah deal dan tinggal pembayaran, bisa jadi transaksi jual beli tersebut tidak terjadi. Atau, hanya sekali lihat saja konsumen sudah langsung tertarik dan melakukan transaksi. Dengan kata lain, tidak mudah untuk mendapatkan konsumen yang cocok dengan properti yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, peluang untuk mendapatkan konsumen dalam waktu cepat sangatlah kecil.

Nah, dalam kondisi seperti ini, Anda harus bersabar. Begitu juga saat menghadapi berbagai masalah terkait properti yang Anda agenkan. Sebagai contoh, ternyata antara penjual dan pembeli terjadi perselisihan yang akhirnya menyeret Anda terlibat di dalamnya.

Atau, ternyata pembeli maupun penjual tidak melaksanakan kewajibannya kepada agen. Kesabaran dibutuhkan dalam hal ini. Selain sabar, memproteksi agar masalah tidak muncul juga perlu Anda lakukan agar tidak akan mengganggu bisnis Anda.

3. Berani Berspekulasi

Sebagai seorang agen properti, keberanian untuk berspekulasi sangat penting Anda miliki. Siapa pun tidak dapat memperkirakan dengan pasti sebuah properti mempunyai daya jual tinggi dan cepat atau tidak. Oleh karena itu, jangan ragu berspekulasi. Gunakan insting bisnis dan pengetahuan Anda di dunia properti terbaru.

Namanya berspekulasi, berarti Anda jangan berharap banyak pasti tembus. Namun, tidak takut dengan risiko yang terjadi atas spekulasi Anda, itu yang terpenting. Teruslah mobile mencari peluang yang ada, termasuk ke daerah-daerah kecil yang justru biasanya mempunyai peluang besar.

4. Rajin Membangun Relasi

Satu hal yang perlu Anda ketahui tentang bisnis agen properti adalah pentingnya keberadaan relasi. Membangun relasi dengan orang yang juga bergerak di bidang properti ini menjadi sangat penting, terlebih jika Anda masih pemula.

Selain dapat belajar banyak tentang seluk-beluk dunia properti, termasuk suka dukanya, Anda juga bisa memperoleh informasi jika ada properti yang dijual atau dibeli. Anda bisa menganggap para relasi tersebut sebagai senior Anda. Galilah semua informasi positif sebagai modal Anda agar tidak mudah goyah saat menghadapi berbagai permasalahan.

5. Memanfaatkan Media Sosial sebagai Sarana Promosi

Agar bisnis Anda ini dapat dengan cepat menyebar di masyarakat, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan semua media sosial Anda untuk berpromosi. Mafaatkan semua rekanan dan pertemanan yang Anda miliki untuk mengembangkan bisnis yang baru Anda tekuni ini.

Penggunaan media sosial sebagai alat promosi ini memberikan banyak keuntungan. Selain cakupan konsumennya yang lebih luas dibanding promosi secara offline, Anda juga dapat menekan biaya, khusus budget untuk berpromosi. Dengan kata lain, media sosial Anda bisa sebagai media gratis untuk memperkenalkan bisnis agen properti Anda kepada banyak konsumen di seluruh dunia.

6. Meminimalisir Adanya Kesalahpahaman Antara Pembeli dan Penjual

Ini menjadi langkah penting yang perlu Anda usahakan. Jangan sampai kesalahpahaman antara pembeli dan penjual akan berdampak besar pada bisnis Anda sendiri. Oleh karena itu, tingkatkan terus komunikasi Anda antara pembeli dan penjual.

Untuk masalah harga, perlu dijelaskan bahwa terdapat biaya tak terduga yang biasanya muncul diluar harga jual properti, seperti biaya notaris, pajak, biaya iklan, dan sebagainya. Dan, Anda bisa menggabungkan semua biaya tersebut dengan harga jual properti.

Itulah beberapa syarat jika Anda ingin membangun sebuah bisnis agen properti. Dari semua syarat tersebut, dua poin yang paling penting adalah kesabaran dan ketekunan. Sebab, dua poin inilah yang muncul dari dalam hati Anda sendiri, yang berarti hanya Anda yang mampu menciptakannya.

Seberapa pun banyak orang lain menasihati Anda, jika dari dalam diri Anda tidak ada komit yang kuat untuk melakukannya, tidak ada artinya. Padahal, tanpa adanya kedua hal tersebut, Anda tidak akan bisa menjadi agen properti yang sukses. So, Anda sudah siap menjadi seorang agen properti andal dan profesional? Terapkan semua syarat di atas, terutama kesabaran dan ketekunan.