Rumah vs Apartemen vs Kontrakan/Sewa Rumah: Ini Untung Ruginya

Rumah vs Apartemen vs Kontrakan Ini Untung Ruginya

Rumah vs apartemen vs kontrakan/sewa rumah: ini untung ruginya yang perlu Anda ketahui. Rumah atau tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Tapi, untuk memilikinya diperlukan upaya yang cukup berat karena harga hunian memang jauh lebih tinggi dibanding kebutuhan pokok lainnya. Tak sedikit orang yang belum berhasil untuk memenuhi kebutuhan ini. Hal itu membuat mereka memilih untuk memyewa apartemen atau mengontrak rumah.

Apartemen memang cocok untuk mereka yang menuntut tempat tinggal praktis dan terjangkau. Begitu pula dengan kontrakan, sangat sesuai bagi Anda yang belum memiliki persiapan untuk membeli rumah. Akan tetapi, apakah itu pilihan yang tepat?

Perbandingan Keuntungan Beli Rumah, Apartemen dan Kontrakan

Membeli properti memerlukan biaya yang tidak sedikit, jadi Anda harus memikirkannya dengan matang. Apalagi hunian tersebut akan menjadi tempat yang ditinggali dalam jangka waktu lama. Jadi, sebelum memilih jenis hunian yang akan dibeli, perhatikan perbandingan masing-masing properti berikut ini:

Keuntungan Membeli Rumah

Sudah Termasuk Lahan

Jika membeli rumah, Anda juga turut memiliki hak atas lahannya. Dengan lahan tersebut, rumah bisa dirubah atau direnovasi sesuai keinginan, misalnya diberi taman, ruang untuk bersantai, tempat bermain anak dan sebagainya. Hal tersebut tidak bisa dilakukan pada apartemen dan rumah kontrakan karena biasanya lahan menjadi milik bersama.

Rumah Bisa Dijual Kembali

Mungkin di antara Anda ada yang pernah pindah rumah karena urusan pekerjaan dan sebagainya? Ada yang memilih untuk mengontrakkan rumah lama supaya tetap mendapat pemasukan, tapi ada pula yang menjualnya dan membangun atau membeli rumah baru di tempat tinggal yang sekarang. Nah, Anda tidak perlu khawatir untuk menjual rumah kembali karena prosesnya lebih mudah. Selain itu, sertifikat rumah yang dimiliki pun dapat digadaikan ketika memerlukan dana untuk kebutuhan mendesak.

Memiliki Dua Legalitas

Dengan memiliki rumah sendiri, Anda akan merasa lebih nyaman karena memegang dua legalitas, yakni rumah dan tanah dalam bentuk sertifikat yang sah secara hukum. Kemudahan dalam mengatur rumah dari sisi keuangan membuatnya lebih fleksibel untuk perencanaan finansial jangka panjang.

Keuntungan Memiliki Apartemen

Lokasi Strategis

Apartemen adalah tempat tinggal paling cocok untuk Anda yang mempunyai mobilitas tinggi. Sebab, umumnya apartemen berada di lokasi yang sangat strategis dan di wilayah perkotaan, sehingga akses menuju ke berbagai tempat lebih mudah serta cepat.

Fasilitas Lebih Lengkap dan Mewah

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh apartemen adalah fasilitasnya yang lengkap dan mewah. Bayangkan saja, fasilitas standar yang diberikan pengelola apartemen ialah kolam renang, lapangan tenis, tempat spa atau sauna, pusat kebugaran dan lainnya.

Lebih Praktis

Segala hal yang berhubungan dengan kebersihan serta pemeliharaan gedung merupakan tanggung jawab pihak pengelola apartemen. Jadi, pemilik hanya perlu membayar service charge saja. Alasan praktis inilah yang menjadikan banyak orang memilih untuk tinggal di apartemen.

Meningkatkan Prestise Pemiliknya

Dalam iklan-iklan yang bermunculan di media sosial disampaikan bahwa apartemen merupakan simbol kesuksesan, bentuk kemandirian kesuksesan serta status sosial yang tinggi. Persepsi tersebut tidak ada salahnya mengingat apabila dilihat dari lokasi dan fasilitas yang disediakan, apartemen memang hampir mirip dengan hotel.

Keuntungan Kontrak atau Sewa Rumah

Bebas Biaya Uang Muka

Saat hendak membeli rumah, Anda harus menyiapkan uang muka sebesar 20-30% dari nilai totalnya. Berbeda dengan mengontrak rumah, Anda hanya perlu menyediakan dana sesuai dengan jangka waktu sewa yang diinginkan, misalnya 6 bulan atau 1 tahun.

Bebas Biaya Perawatan Rumah

Setap rumah membutuhkan perawatan, terutama untuk memperbaiki kerusakan dan menjaga supaya kondisinya tetap baik. Jika memiliki rumah, ada ongkos perbaikan atap bocor, cat rumah, saluran air macet dan sebagainya yang harus dikeluarkan. Tapi, bila Anda mengontrak, segala perbaikan tersebut menjadi tanggung jawab pemilik rumah.

Bebas Biaya PBB Rumah

Selain bebas biaya perawatan, dengan mengontrak Anda bisa menghemat pengeluaran karena biaya PBB juga ditanggung oleh pemilik rumah. Besar biaya PBB sendiri tergantung letak dan luas tanah serta bangunan. Bila tidak membayar PBB, Anda pun akan terbebas dari resiko denda apabila terlambat membayarnya.

Mudah Untuk Berpindah Tempat

Pasti Anda pernah merasa kurang nyaman ketika tinggal di suatu tempat, apalagi bila ada masalah-masalah tertentu. Dengan menyewa rumah, Anda dapat pindah ke lokasi baru dengan mudah karena hanya tinggal menunggumasa kontrak habis. Tapi, bila membeli rumah, Anda harus mengurus penjualannya supaya memiliki dana untuk mendapatkan rumah di tempat baru.

Memiliki Apartemen dan Menyewa Rumah Bukan Pilihan yang Tepat

Berdasarkan perbandingan di atas, Anda bisa melihat bahwa membeli apartemen dan menyewa rumah bukan pilihan yang tepat. Mungkin di awal-awal karir, saat penghasilan masih stabil pilihan tersebut bisa dianggap wajar. Namun, Anda harus segera memutuskan kapan memiliki rumah sendiri. Sebab, pada akhirnya meskipun mungil dan sederhana, rumah sendiri adalah pilihan paling tepat daripada apartemen dan kontrakan yang besar, namun bukan milik Anda sendiri.

Perlu diketahui, Anda tidak berhak atas aset-aset yang ada, tidak peduli seberapa lama menyewa apartemen atau rumah. Selain itu, terkadang ada kenaikan harga sewa yang membuat Anda harus mengatur ulang anggaran rumah tangga.

Diharapkan dengan artikel rumah vs apartemen vs kontrakan/sewa rumah: ini untung ruginya, Anda akan lebih bijak dalam memilih hunian yang hendak dibeli. Karena memiliki rumah, apartemen maupun mengontrak rumah adalah tujuan jangka panjang yang memerlukan biaya cukup banyak. Oleh karena itu, pertimbangkan masak-masak sebelum menjatuhkan pilihan.